Begini Nih Cara Buat Surat Lamaran Kerja Yang Tepat

SHARE
Begini Nih Cara Buat Surat Lamaran Keja Yang Tepat

Sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan salah satunya menyiapkan surat lamaran kerja. Surat ini sangat vital atau penting karena melalui surat ini, perusahaan akan melihat kepribadian diri dan karakter yang dimiliki dari calon karyawannya.

Saat membuat surat lamaran kerja, pelamar harus benar-benar teliti dengan penempatan struktur beserta kalimatnya. Jangan sampai ada kesalahan kecil yang sangat fatal.

Jika ada kesalahan dalam dokumen penting itu, nama sang pelamar akan langsung di coret dan tidak bisa masuk ke tahap berikutnya. Dan yang lebih menyedihkan lagi banyak HRD yang melakukan kesalahan saat menulis surat lamaran maka ijazah, hingga nilai-nilai anda akan langsung di buang begitu saja.

Mendapatkan pekerjaan sebenarnya mudah. Hanya membutuhkan tekad dan ketelitian saat melamar pekerjaan seperti memperhatikan surat lamaran kerja yang baik seperti yang dipaparkan dibawah ini.

Berikut Tips Jitu Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Baik

Begini Nih Cara Buat Surat Lamaran Keja Yang Tepat

1. Cari Referensi

Jika pelamar belum berpengalaman dalam membuat surat lamaran, alangkah lebih baik mencari template contoh-contoh surat lamaran. Bisa dari internet atau buku-buku panduan yang banyak dijual di toko buku. Mencari referensi bertujuan untuk memberikan gambaran atau bayangan bagi pelamar untuk membuat surat lamaran kerja. Tetapi jangan sampai pelamar mengkopi contoh-contoh tersebut.

2. Berikan Kesan Individual

Saat menulis tujuan perusahaan yang hendak dilamar,  pastikan alamat perusahaan benar dan berikan kesan indivual dengan menulis nama pihak hrdnya. Carilah nama lengkap dan jabatannya agar tidak mengurangi rasa hormat. Misalnya Kepada Bapak Deni S.T.

3. Perhatikan Struktur Isi Surat Lamaran

Umumnya, surat lamaran terdiri dari tiga struktur yakni pembuka, isi, dan penutup. Struktur-struktur tersebut akan dilihat perusahaan bagaimana pelamar berbahasa dengan menyampaikannya lewat kalimat.

Pembuka:  Pada bagian ini, pelamar harus memberikan informasi dari mana mendapatkan lowongan pekerjaan. Apakah dari majalah, situs internet, atau koran. Pada bagian ini juga disebutkan posisi atau jabatan yang dilamar.

Isi: di surat lamaran, pelamar juga harus menjabarkan informasi umum mengenai pendidikan terakhir pelamar. Sertakan pengalaman dan kegiatan organisasi yang pernah pelamar lakukan. Selain itu, jabarkan juga sikap pelamar yang pelamar miliki misalnya tegas, disiplin, dan  rajin.

Penutup: Bagian penutup tuliskan keinginan dan harapan pelamar untuk dapat diterima bekerja dan jangan lupa untuk memberikan rasa hormat dengan menuliskan kata terima kasih.

Baca Juga: Jangan Lakukan Hal Ini Saat Interview Kerja

4. Baca Ulang

Sebelum mengirimkan surat lamaran. Baca ulang seluruh isi surat lamaran untuk mengecek tidak ada salah ejaan dan kesalahan kalimat lainnya.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY