Tak Perlu Antri, Bikin NPWP Bisa Online

SHARE
Tak Perlu Antri, Bikin NPWP bisa Online

Setelah diterima bekerja bukan berarti anda tidak membutuhkan dokumen-dokumen penting seperti saat melamar pekerjaan. Setelah perusahaan memutuskan anda terpilih untuk bekerja, anda akan dimintai dokumen pendukung seperti foto, rekening tabungan, dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Untuk membuat kartu NPWP, anda memerlukan waktu karena Kantor Kementrian Keuangan dan Perpajakan hanya buka jam kerja pada hari senin dan jumat. Anda tidak perlu khawatir karena kemajuan teknologi sudah memudahkan anda untuk membuat NPWP secara online.

Anda cukup duduk manis di depan komputer atau laptop yang sudah terhubung dengan internet, lalu persiapkan semua dokumen pribadi untuk berjaga-jaga dan tidak membuat anda bolak-balik.

Berikut ini akan di berikan tips untuk membuat npwp secara online melalui situs www.ereg.pajak.go.id. Namun sebelum anda membuat npwp, persiapkan terlebih dahulu scan foto KTP anda dalam file (.JPG). Sudah siap? Simak langkahnya.

Cara Mudah Membuat NPWP Online

Tak Perlu Antri, Bikin NPWP bisa Online

1. Daftar 

Anda harus mempunyai alamat email agar bisa mendaftar. Buatlah akun email di yahoo.com atau gmail.com. Jika anda sudah membuat email, anda bisa langsung mendafar keanggotaan dengan cara mengkilk “daftar baru”. Maka akan muncul formulir pendaftaran online wajib pajak. Isikan nama, alamat email, password, no telepon, dan kolom role dengan “orang pribadi”. Selanjutnya klik save. Setelah itu, masuk ke akun email anda. Anda akan menerima email balasan dari direktorat perpajakan untuk aktivitasi akun dengan cara mengklik akun aktivitasi yang ada di pesan email.

2. Masuk Akun

Setelah mengaktivitasi akun, masuk kembali ke situs resmi npwp online. Isi kolom alamat email anda serta password yang tadi anda buat. Kemudian klik login.

3. Isi Formulir

Pada bagian formulir, akan ada beberapa kolom yang harus diisi mulai dari katagori, identitas, penghasilan, alamat, informasi tamabahan dan persyaratan yang harus dibaca dan disetuju. Untuk bagian katagori, pilihlah sesuai dengan diri anda. Isilah dengan teliti karena jika ada kesalahan maka pihak pajak tidak akan menyetujui permohonan npwp anda.

4. Kirim Berkas

Baca Juga: Begini Nih Cara Buat Surat Lamaran Keja Yang Tepat

Setelah anda mengisi semua kolom formulir, selanjutnya masuk kembali ke menu dashboard permohonan pajak. Klik menu token. Secara otomatis nomor token yang berfungsi untuk mengantarkan surat keterangan dan kartu npwp kerumah anda. Masuk ke akun email untuk melihat nomor token. Copy nomor token tersebut dan masuk kembali ke situs npwp online. Klik “kirim token” dengan cara paste nomor token tersebut.

Setelah semua proses itu, anda tinggal menunggu kurir pengantar SK dan NPWP anda dirumah.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY