Tips Karir: Jawaban Jitu Lolos Interview Pekerjaan

SHARE
Tips Karir Jawaban Jitu Lolos Interview Pekerjaan

Mendapatkan pekerjaan memang dibutuhkan pengorbanan mulai dari uang, waktu, hingga tenaga. Pekerjaan juga tidak asal diterima. Bahkan harus bersaing dengan ribuan orang yang sudah memasukan berkas lamarannya.

Berkas lamaran mulai dari surat lamaran kerja, CV, Ijazah, hingga daftar nilai di periksa oleh HRD. Setelah semua itu lolos, hrd akan memanggil para kandidat untuk melakukan proses seleksi ke dua bisa psikotes, hingga interview.

Tetapi, pada tahap interview banyak sekali para kandidat calon karyawan yang merasa kecewa  karena banyak yang gugur dan tidak bisa bekerja di tempat yang selama ini di idam-idamkan.

Untuk berhasil bekerja di tempat yang selama ini menjadi dambaan sebenarnya ada trik jitu agar lolos pada tahap interview. Mau tahu tipsnya? Simak Tips karir berikut ini yang bisa kamu lakukan.

Yuk Jawab Ini Ketika Interview Kerja

Tips Karir Jawaban Jitu Lolos Interview Pekerjaan

Saat Interview kerja, kandidat akan ditanyakan beberapa pertanyaan yang mungkin sudah banyak beredar di internet. Namun sayangnya meskipun sudah banyak yang tahu potensi pertanyaan yang akan dikeluarkan tetapi jawaban yang dilontarkan belum tentu membuat hrd memilih anda untuk bekerja. Nah, kali ini akan diberikan beberapa trik jitu menjawab pertanyaan interview yang umumnya akan keluar.

1. Coba Jelaskan Mengenai Diri Anda?

Pada bagian ini, kandidat harus menjelaskan mengenai dirinya sendiri. Namun tidak perlu selengkap-lengkapnya hanya perlu menjelaskan nama lengkap, nama panggilan, tempat tinggal, pendidikan terakhir, pengalaman beroganisasi atau pengalaman kerja. Tidak perlu menjelaskan hal detail seperti nama orang tua, tanggal lahir, bahkan yang paling sering adalah menjelaskan pengalaman hidup.

2. Apa Kelemahan Dan Kelebihan Kamu?

Pertanyaan ini sering menjadi boomerang bagi para kandidat karena sering menjawab dengan terkesan menyombongkan diri. Kelemahan yang kamu punya harus kamu jawab dengan jujur jangan sampai menjawab “saya tidak mempunyai kelemahan”.

Ada alternatif jawaban lain seperti “saya lemah terhadap ilmu matematika, untuk itu kelebihan saya adalah mendesign” jawaban itu bisa di kombinasikan atau di sesuaikan tentunya dengan menyesuaikan dengan pekerjaan yang akan kamu sandang. Jika kamu seorang lulusan ekonomi tentu jawaban itu sangatlah tidak sesuai. Jadi jangan sampai salah menjawab.

3. Berapa Gaji Yang Kamu Harapkan?

Pertanyaan ini akan selalu ada. Kamu bisa menjawab dengan sesuai ekspetasi. Namun harus di sesuaikan dengan jenjang pendidikan kamu. Untuk SMU biasanya gaji hanya UMR, Sedangkan gaji untuk pendidikan tingkat atas lebih dari itu. Kamu bisa mencari referensi gaji atau konsultasi dengan keluarga, saudara, atau teman yang sudah berpengalaman

4. Kapan Kamu Siap Untuk Bekerja?

Baca Juga: Zaskia Adya Mecca Jadi Fashion Icon Wanita Hamil

Jika HRD sudah melontarkan pertanyaan ini, kamu jangan terlalu percaya diri. Karena pertanyaan ini bisa menjadi jebakan kamu sendiri. Jika ada pertanyaan ini kamu  harus secepatnya menjawab dengan lantang bahwa kamu besok siap untuk bekerja.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY