Kunci Sukses Mempertahankan Bisnis Keluarga Tetap Lancar

SHARE
Kunci Sukses Mempertahankan Bisnis Keluarga Tetap Lancar

Jika membicarakan bisnis keluarga itu sama saja dengan sebuah kerajaan yang membutuhkan generasi selanjutnya untuk memimpin kerajaan. Mempertahankan bisnis keluarga agar tetap lancar meskipun banyak rintangan dan halangan tidak semudah yang dibayangkan.

Banyak perkara yang harus bisa teratasi salah satu contohnya adalah mempertahankan keharmonisan sebuah keluarga. Seperti yang sudah kejadian banyak hubungan keluarga yang retak akibat kepentingan bisnis.

Sementara bisnis harus tetap berjalan tak peduli dengan perkara keluarga yang terjadi. Dibutuhkan strategi yang matang dan kekompakan keluarga untuk mempertahankan bisnis keluarga yang sudah berjalan agar tetap sukses.

Jangan sampai bisnis keluarga yang sudah bertahan lama bertahun-tahun runtuh akibat penerus generasi dalam keluarga tersebut tidak cukup pandai mengelolanya. Nah, berikut ini ada langkah atau strategi kunci sukses mempertahankan bisnis keluarga.

Cara Mempertahankan Bisnis Keluarga Yang Sudah Lama

Kunci Sukses Mempertahankan Bisnis Keluarga Tetap Lancar
1. Persiapkan Calon Pemimpin Yang Handal

Generasi penerus bisnis keluarga haruslah orang yang bijaksana dalam menyikapi sesuatu. Selain itu dia harus seseorang yang mengerti apa itu bisnis. Menjadi calon pemimpin perusahaan dibutuhkan seseorang pemikir untuk tidak salah memutuskan segala sesuatunya harus benar-benar dipikirkan resiko yang harus ditanggung.

2. Perkuat Jalinan Tali Silaturahmi Antar Keluarga

Untuk membuat keluarga kompak dan saling menghargai satu sama lain, alangkah indahnya memperkuat tali silaturahmi dengan mengadakan acara seperti arisan, atau sekedar berkumpul setiap minggu atau setiap bulan sehingga satu sama lain saling bertukar informasi.

3. Buat Satu Misi dan Visi Keluarga

Perusahaan, bisnis, atau usaha pastinya mempunyai satu misi dan visi seperti startegi bisnis yang harus dipatuhi dan menjadi panutan setiap karyawannya agar tujuannya tercapai. Nah, untuk mempertahankan bisnis keluarga tetap berjalan haruslah membuat misi dan visi agar tidak terjadi kesalahpahaman dan tetap berorientasi pada misi visi keluarga.

4. Bersikap Profesional

Seorang generasi atau penerus bisnis keluarga harusnya bersikap professional tidak mempercampur adukan masalah keluarga dengan bisnis yang dijalankan. Dengan begitu meskipun ada masalah keluarga, bisnis tetap berjalan tanpa ada masalah apapun.

5. Harus Adil

Sama halnya dengan seorang raja harus bersikap adil dengan rakyatnya. Penerus bisnis keluarga harus bisa adil dengan anggota keluarga lain dalam pembagian keuntungan sehingga tidak ada  masalah perebutan tahta.

6. Mempertahankan Ciri Khas Bisnis Keluarga

Baca Juga: Cara Mencari Peluang Bisnis Menguntungkan 

Jika mempunyai bisnis makanan atau minuman jangan sampai menghilangkan ciri khas cita rasanya karena jika menghilangkannya maka penggemar atau pelanggan akan pergi. Lebih baik membuat inovasi baru namun tetap mempertahankan ciri khas yang sudah turun menurun.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY