6 Langkah Tepat Menjalankan Bisnis Di Bulan Ramadhan

SHARE
6 Langkah Tepat Menjalankan Bisnis Di Bulan Ramadhan

Saat bulan puasa biasanya banyak penjual makanan yang memajangkan pedagangannya di pinggir jalan. Pedagang makanan biasanya meningkat dan ramai pada sore hari menjelang berbuka puasa.

Bukan hanya pedagang makanan saja, saat menjelang lebaran, banyak juga pedagang pakaian hingga accessories musiman yang menawarkan dagangannya dengan harga yang miring.

Memang berjualan di bulan puasa menjadi sebuah tradisi yang sudah melekat dari tahun ke tahun. Banyak orang yang beralih menjadi profesi baik itu penjual makanan, peralatan solat, atau sedar menjual parsel untuk lebaran.

Apakah anda tertarik untuk ikut untuk mencoba berbisnis saat bulan Ramadhan ini? Nah sebelum berkecimpung ke dunia wirausaha lebih baik membaca hal ini yang bisa membantu anda untuk menjalankan usaha.

Tips Sebelum Menjalankan Bisnis Di Bulan Ramadhan

6 Langkah Tepat Menjalankan Bisnis Di Bulan Ramadhan

Apa yang akan anda jual?

Hal pertama yang harus anda pikirkan adalah menentukan apa yang akan anda jual. Banyak berbagai macam jenis usaha yang bisa dijalankan, bisa bisnis kuliner, pakaian, accessories, atau parsen. Namun saat bulan puasa biasanya bisnis kuliner yang masih mendominasi dibandingkan dengan bisnis lain. Dengan menentukan apa yang akan anda jual. Anda bisa menyiapkan keperluan untuk berjualan seperti modal, dan bahan bakunya.

Lebih baik Cari Keunikkan yang Khas

Kalau anda masih bingung untuk mencari bisnis apa yang anda jalani anda bisa mencari keunikan yang menjadi ciri khas. Misal menjual makanan namun buat ciri khas yang berbeda dari makanan pedagang sejenis sehingga orang tertarik untuk membelinya karena beda dari yang lain.

Lakukan Promosi Visual

Promosi sangat penting untuk dalam berjualan. Sebab promosi akan membuat orang lain tahu tentang produk atau barang yang anda jual. Mulailah memasarkan pada orang terdekat anda bisa ketetangga atau kerabat. Buat promo visual yang menarik sehingga bisa menunjang dagangan anda dan akhirnya laku terjual.

Jangan Lupa Lihat Juga Pesaing Anda

Saat berbisnis jangan hanya fokus pada dagangan anda. Tapi juga perhatikan pesaing anda yang menjual barang serupa. Anda bisa menyiasatinya dengan kualitas dan layanan pesaing anda kepada pembeli.

Kalau Perlu Latih Tim Kerja

Jika anda memulai bisnis dengan banyak orang yang membantu anda. Pertama latihlah mereka seperti dengan training agar mampu menghasilkan produk atau berjualan sesuai dengan keinginan anda. Pilihlah tenaga kerja yang memadai. Misal anda membuka bisnis kue lebaran. Pilihlah tenaga kerja yang memadai yang mampu menghasilkan kue yang lezat.

Baca Juga: Ini Cara mendapatkan Tubuh Langsing Seperti Foto Selena Gomes

Perhatikan Kecukupan Bahan Baku

Biasanya selama bulan puasa, harga-harga bahan pokok atau kebutuhan lainnya merangkak naik. Antisipasi lah ini dengan membeli kebutuhan bahan baku sebelum melonjak drastis saat bulan Ramadan.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY