Cara Mengatur Gaji Bulanan Anda

SHARE

Akhir bulan tiba, saatnya para karyawan mendapatkan upah alias gaji atas kerja keras dalam satu bulan. Namun seringkali para karyawan merasa gaji tersebut belum cukup memenuhi kebutuhan hidup hingga akhir bulan nantinya.

Belum lagi sejumlah kebutuhan naik setiap tahunnya mulai dari bahan bakar, kebutuhan pokok, dan sejumlah kebutuhan hidup lainnya.

Agar gaji anda tetap bisa mencukupi kebutuhan selama satu bulan penuh, anda memerlukan perencanaan keuangan yang matang.

Biaya hidup bisa naik setiap tahunnya maka itu anda perlu merencanakan keuangan anda dengan baik dan siap menghadapi sejumlah kenaikan harga-harga kebutuhan pokok. Berikut cara mengelola gaji bulanan anda.

Tips Supaya Gaji Bulanan Awet

1. Punya Prioritas
Agar gaji bulanan anda cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup selama satu bulan penuh, anda membutuhkan prioritas untuk masa depan. Sebagai contoh anda mempunyai prioritas untuk pendidikan anak, dana pensiun, atau cicilan rumah. Dengan mempunyai prioritas, anda akan lebih berhati-hati untuk mengeluarkan uang.

2. Sisakan untuk kebutuhan sehari-hari
Setelah menyisihkan anggaran untuk dana prioritas, selanjutnya adalah menyisihkan dana untuk kebutuhan sehari-hari. Buatlah daftar kebutuhan yang anda perlukan selama sebulan mulai dari perlengkapan mandi, kebutuhan dapur, dan berbagai kebutuan sehari-hari selama satu bulan penuh.

3. Disiplin
Jangan sekali-kali anda tergiur dengan diskon atau barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Taatlah dengan perencanaan keuangan anda, jangan sampai biaya pengeluaran lebih banyak dibandingkan untuk dana prioritas.

4. Atur Frekuensi Jajan Makanan
Bila anda mempunyai kebiasaan untuk makanan seperti camilan, anda bisa menguranginya dengan mengatur frekuensi jajan makanan. Anda tetap dapat bersenang-senang dengan menggunakan gaji yang anda punya bila anda bisa mengatur frekuensinya.

Baca Juga: 6 Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan? Inidia Solusinya! 

Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada dirumah untuk membuat camilan yang lezat. Mengingat terlalu banyak mengemil dan jajan sembarangan bisa membuat tubuh menjadi gemuk dan mengganggu kesehatan lainnya.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY