Tips Agar Mendapatkan Pekerjaan yang Cocok Walaupun Tak Sesuai Jurusan

SHARE
tips-agar-mendapatkan-pekerjaan-yang-cocok-walaupun-tak-sesuai-jurusan

Banyaknya minat dan kurangnya ketersediaan lapangan pekerjaan menjadi penyebab banyak lulusan sarjana menjadi pengangguran.

Bila dilihat saat ini, jurusan kuliah saat ini sangatlah beragam. Mulai dari jurusan filsafat, antropologo, arkeologi, sejarah, dan jurusan lainnya. Ketersediaan lapangan pekerjaan yang sesuai untuk deretan jurusan tersebut tidaklah banyak. Akhirnya mau tidak mau, sarjana dari lulusan itu harus mendapatkan pekerjaan dengan kualifikasi “semua jurusan”.

Well, itu bukanlah masalah besar yang perlu ditakutkan apabila kamu merasa jurusan kuliah yang kamu pilih sangat minim ketersediaan lapangan pekerjaan. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan dan tetap bersaing dengan orang-orang yang mempunyai kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan.

Lantas bagaimana caranya menonjolkan kualitasmu saat melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan?

Paham Budaya Kerja di Perusahaan Tersebut

Bukan soal kecerdasan, perekrut juga bisa mempertimbangkan layak tidaknya kamu bekerja diperusahaan tersebut dengan etitude yang kamu miliki. Pelajari budaya kerja pada perusahaan bersangkutan. Bila perlu, galilah informasi yang bisa kamu dapatkan melalui internet mengenai perusahaan tersebut. Cara pandangmu terhadap topik budaya kerja di perusahaan itu bisa menjadi pertimbangan perekrut untuk menerimamu.

Tunjukkan Sisi Positif Kepribadianmu

Tak peduli secerdas apapun kamu, kalau kamu tidak mempunyai karakter dan sikap yang baik, perekrut akan ragu bahkan tak sungkan-sungkan untuk mencoret namamu dari daftar kandidat yang akan dipertimbangankan untuk mendapatkan pekerjaan. Tunjukanlah sisi postif dari kepribadiankamu. Caranya mudah, tunjukkan sopan satun dan tutur bicara yang baik.

Baca Juga: 5 Pekerjaan yang Bisa Dilamar Semua Jurusan Kuliah

Cari Pekerjaan Mendekati Dengan Latar Pendidikanmu

Bukan rahasia umum kalau banyak diantara para pekerja yang mempunyai latar bekalang yang tidak cocok dengan pekerjaannya saat ini. Misal latar pendidikanmu adalah jurusan komunikasi. Saat baru lulus, kamu gencar mencari pekerjaan menjadi reporter televisi, majalah, dan berbagai media lainnya. Namun banyaknya pesaing membuat kamu selalu gugur dalam tahap seleksi. Perbanyaklah wawasan dan pengalaman, banyak pekerjaan yang sesuai dengan jurusanmu misalnya Account Executive (AE), Markom, Copy Writer, Content Writer, dan masih pekerjaan lain yang mendekati dengan jurusan komunikasi. (ms)

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY