Hal yang Membatalkan Puasa Padahal Tidak Ini Pasti Kalian Rasakan

SHARE
Hal yang Membatalkan Puasa Padahal Tidak Ini Pasti Kalian Rasakan

Saat bulan Ramadan tiba, umat Islam wajib menjalankan ibadah puasa selama satu bulan penuh.

Selain menahan diri dari makanan dan minuman, umat muslim juga wajib menahan diri dari hal-hal yang memebatalkan puasa.

Meski demikian, tidak semua hal dapat membatalkan puasa. Namun seringkali umat muslim menganggap hal tersebut justru dapat membatalkan puasa ramadan padahal tidak.

Lantas apa saja hal yang dapat membatalkan puasa padahal tidak?
Dikutip dari berbagai sumber, duniahore merangkum beberapa hal yang dapat membatalkan puasa. Inidia!

Sikat Gigi

Bau mulut adalah masalah yang sering dialami oleh seseorang yang tengah berpuas. Penyabab bau mulut saat puasa wajar terjadi sebab tubuh kekurangan cairan yang dapat menyebabkan mulut mengeluarkan aroma tak sedap. Tapi untuk mencegah bau mulut saat berpuasa, Anda bisa menyikat gigi.

Tenang, sikat gigi tidak akan membatalkan puasa. Namun saat menyikat gigi, bila airnya tertelan, itulah yang menjadi penyebab puasa batal. Jadi pastikan saat menyikat gigi, airnya tidak tertelan ya!

Memasukan Air Ke Hidung Saat Wudhu

wudhu

Ada beberapa orang yang berpendapat memasukan air ke hidung saat berwudhu dapat membatalkan puasa. Padahal hal tersebut tidak akan membatalkan puasa Anda. Memasukan air ke hidung sama saat Anda menyikat gigi, yang dikhawatirkan hanyalah air saat beruwudhu justru tertelan.

Berenang

berenang

Saat berpuasa memang enaknya berenang. Yups, ternyata berenang bukanlah hal yang dapat membatalkan puasa. Seringkali berenang atau berendam disebut sebagai salah satu hal yang membatalkan puasa. Kenyataannya, berenang saat berpuasa pun boleh dilakukan asalkan airnya tidak tertelan.

Mencicipi Masakan

cicipin makanan

“Tidak mengapa seorang yang berpuasa untuk mencicipi cuka atau masakan lain, selama tidak masuk ke kerongkongan.” (HR Bukhari secara muallaq dengan sanad yang hasan 3/47). Hadist tersebut mengungkapkan bahwa mencicipi makanan tidak akan membatalkan puasa Anda. Asalkan masakan tersebut tidak sampai masuk ke tenggorokan. Selama mencicipinya di lidah, puasa Anda tidak akan batal.

Menggunakan Obat Tetes Mata

tetes mata

Saat mata terkena debu, obat tetes mata adalah solusi yang tepat. Namun apakah menggunakan obat tetas mata dapat membatalkan puasa? Tentu tidak!

Baca Juga: 6 Langkah Tepat Menjalankan Bisnis Di Bulan Ramadhan

Menggunakan obat tetes mata diperbolehkan karena mata bukanlah lubang yang langsung berhubungan dengan rongga perut. Beda halnya bila kamu diharuskan mengonsumsi obat tablet yang harus dimasukan melalui tenggorokan. Bila ada masalah dengan gangguan mata dan telinga menggunakan obat tetes mata atau obat tetes telinga tidak akan membatalkan puasa.

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY