4 Akibat Tidak Sarapan Pagi, No 4 Hati-Hati!

SHARE
4 Akibat Tidak Sarapan Pagi, No 4 Hati-Hati!

Beberapa orang seringkali melupakan makan pagi atau sarapan.
Alasannya tidak biasa sarapan, sedang tidak ingin makan, perut masih kenyang, malas bangun pagi, hingga tak sempat menyiapkan sarapan.

Secara harfiah sarapan dimaksudkan untuk berbuka puasa setelah Anda beristirahat semalaman.

Kebiasaan melupakan sarapan pagi dari memicu berbagai proses fsiologis. Baik yang baik maupun yang buruk.

Inilah akibat melupakan sarapan pagi yang mungkin saja Anda alami.

1.    Lupa Sarapan Pagi Bisa Membuat Berat Badan Turun

Melupakan sarapan pagi efektif mengurangi berat badan. Alasannya logis sebab Anda menghilangkansatu waktu makan dari pola makan Anda setiap hati. Lupa sarapan pagi dapat mengurangi asupan kalori hingga 400 Kcal per hari. Namun melupakan sarapan pagi bisa membuat Anda merasa cepat lelah, lesu sepanjang aktivitas pagi, hingga dapat mengacaukan pikiran Anda.

2.    Dapat Meredakan Peradangan Kronis

Melewatkan sarapan pagi bisa meredakan peradangan yang kronis.  Sebab periode berpuasa seperti melewatkan sarapan dpercaya para ahli bisa memicu kerja sel beradaptasi untuk memperbaiki kerusakan.

Hal ini diungkapkan oleh ahli melalui artikel dalam Proceedings of the National Academy of Sciences.

Namun perlu Anda ketahui melewatkan sarapan juga dapat mengalami efek negatif seperti mengalami pusing, sakit kepala, gula darah turun, kurangnya konsentrasi hingga pingsan.

3.    Tubuh Justru Semakin Lapar

Lupa sarapan memang dapat mengurangi berat badan namun akan mebuat Anda justru semakin lapar. Pasalnya tubuh akan fokus pada pembakaran energi yang tersimpan di otot. Semakin Anda menunda untuk mengisi perut, justru perut akan semakin kelaparan dan Anda akan mengalami stress akibat kehilangan energi.

Akibat stress Anda pun mudah untuk “balas dendam” dengan mengonsumsi makan siang dalam porsi yang besar. Kebiasaan melupakan sarapan justru menyebabkan peningkatan berat badan.

4.    Jadi Cepat Lupa Alias Pikun

Sebuah jurnal Psychology and Behavior, dilansir dari Business Insider tahun 2005 menunjukan bahwa anak sekolah dasar yang rutin sarapan pagi memiliki memori jangka pendek yang lebih baik dibandingkan siswa yang tidak sarapan pagi.

Sementara itu The University of Maryland Medical Center melakukan penelitian bahwa seorang anak yang tidak sarapan akan cepat merasa lelah disekolah, tidak konsentrasi, dan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan stimulasi kognitif.

Dengan kata lain, dampak lupa sarapan pagi akan membuat tubuh mengalami kekurangan zat besi, yodium, protein yang mangcu pada IQ yang lebih rendah.

Jadi pentingkah sarapan pagi atau tidak?

Pilihan untuk sarapan atau tidak sarapan kembali preferensi pribadi. Bila Anda merasa lapar sangat disarankan untuk sarapan pagi dengan ide menu sarapan yang membuat tubuh tidak kekeurangan asupan vitamin dan gizi. Pilihlah sarapan yang kaya protein.

Baca Juga: Metode Diet Sirtfood Cepat Murunkan Berat Badan dan Tetap Makan Enak

Namun jika Anda tidak merasa lapar di pagi hari cobalah untuk mengonsumsi sesuatu yang kecil seperti protein shake atau smoothie buah segar. Kurangi porsi makan malam Anda agar saat pagi Anda merasa lapar. (ms)

Wanita kelahiran Bogor, 1 Mei 1994. Gemar membaca dan menulis di blog. Sekarang bekerja di Media Optify Intermedia Pratama sebagai Content Writer.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY