Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Diet?

SHARE
Kapan Waktu yang Tepat untuk Olahraga Saat Diet?

Menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh tentulah sangat penting bagi kita. Olahraga merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat terlebih untuk kamu yang ingin berat badan yang ideal. Selain olahraga kamu juga harus mengatur pola makan sehat dan seimbang pada rutinitas sehari-hari. Olahraga juga kegiatan yang sangat praktis dan tidak membutuhkan biaya yang berlebih, kamu bisa jogging atau melakukan yoga di taman. Kamu harus tahu nih guys, ternyata ada waktu khusus untuk melakukan olahraga agar penurunan berat badan lebih efektif.

Membakar Lemak Lebih Banyak

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan, waktu olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan adalah di pagi hari. Melakukan olahraga sebelum kamu sarapan dapat membakar lemak hingga 20%. Hal ini dikarenakan perut kamu masih kosong sehingga dapat mendukung pembakaran lemak lebih banyak. Dalam rangka mengurangi lemak, tubuh harus menggunakan cadangan makanan dalam bentuk lemak, bukan dari makanan yang kita konsumsi. Dengan berolahraga sebelum makan, sumber energi yang dibakar berasal dari lemak tubuh dan cadangan energi yang sudah siap digunakan. Bukannya justru membakar makanan yang masih ada dalam perut. Pada gilirannya, ini akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang terbakar akan lebih banyak. Kamu juga jadi tak cepat kelaparan selama seharian setelah berolahraga pagi.

Produksi Hormon Insulin

Saat kita berolahraga sebelum makan, tubuh akan menyesuaikan produksi hormon insulin. Hormon insulin akan bekerja lebih sensitif sehingga lebih efektif membantu menyerap nutrisi dari makanan lebih baik dan menyalurkannya ke otot dan hati. Kadar gula darah yang stabil ini membuat kita cepat lapar sehingga tidak akan makan lebih banyak atau kelaparan sepanjang hari. Justru hal ini akan membuat sesi olahraga kamu menjadi lebih optimal.

Kualitas Tidur Lebih Baik

Kamu tahu gak guys kalau olahraga pagi itu bisa membantu tidur kamu menjadi lebih nyenyak di malam hari. Satu tim peneliti menemukan bahwa wanita usia 60-15 tahun yang memiliki berat badan berlebih melaporkan bisa tidur lebih nyenyak setelah konsisten berolahraga setiap pagi dari pada mereka yang olahraga malam. Kamu harus melakukan olahraga sekitar empat jam dalam seminggu. Tidur malam yang cukup membantu kamu lebih cepat menurunkan berat badan, karena tubuh dapat lebih baik mengatur hormon ghremlin yang membuat kamu merasa lapar.

Seseorang yang berolahraga dibawah sinar matahari pagi kurang lebih dua jam cenderung memiliki berat badan yang lebih ideal. Selain lebih efektif menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih bugar, olahraga di pagi hari bisa memberi kamu lebih banyak energi dibandingkan dengan waktu lainnya. Bukan berarti kamu tidak boleh olahraga dilain waktu ya ladies.

Itu dia tips membentuk tubuh ideal dengan mengatur waktu paling tepat untuk berolahraga. Bagi kamu yang sedang menjalani program diet mungkin bisa memanfaatkan olahraga sebagai metode pembakaran lemak secara alami. Selain itu waktu olahraga memiliki fungsinya masing – masing. Menurut penelitian, olahraga di pagi hari cenderung dapat menenangkan pikiran, dan sebagai metode asupan energi vitamin D. Olahraga di sore hari memiliki manfaat yang efektif dalam pembakaran kalori tubuh, dan olahraga di malam hari sangat baik untuk mengatasi kualitas tidur. Olahraga di waktu tersebut tentu saja sangat baik asalkan kegiatan olahraga yang kita lakukan bertujuan untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

LEO, 22th. Big Fans of Legolas, Fiction, and War Between galaxies .

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY