Pentingnya Mengenali Karakter Diri Sebelum Mulai Berinvestasi

SHARE
Pentingnya Mengenali Karakter Diri Sebelum Mulai Berinvestasi

Investasi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Beberapa investasi membutuhkan keterampilan dalam analisis yang tinggi agar mendapatkan return yang diharapkan. Tak heran jika banyak orang yang merugi ketika melakukan investasi pada beberapa instrument investasi karena kecakapan analisis pasar yang kurang baik.

Tak hanya kemampuan analisis, sebelum berinvestasi pun seorang investor diharapkan telah memahami karakter dirinya. Karena, investasi terbaik untuk pemula sekalipun tidak akan menghasilkan return yang sesuai harapan jika investor tersebut tidak mengenali karakter dirinya sendiri. Karakter diri merupakan sifat asli yang dimiliki dan sebaiknya setiap investor memahami betul karakter dirinya sendiri sehingga bisa bersikap bijak dalam mengambil keputusan investasi.

Pada dasarnya, ada 3 karakter diri pada investor yang biasa dijumpai. Berikut ini 3 karakter tersebut :

  1. Risk Taker

Risk Taker merupakan karakter diri seseorang yang berani untuk mengambil risiko tinggi dalam suatu keputusan investasi yang dibuatnya. Seorang risk taker, dianggap berani “berjudi” dengan keputusannya karena biasanya investasi yang akan dijalaninya memiliki risiko tinggi yang rawan kerugian. Biasanya, seorang risk taker akan berinvestasi dengan modal besar dan menaruh dananya pada instrument investasi yang memiliki volatilitas tinggi seperti pasar modal.

  1. Risk Avoider

Karakter risk avoider merupakan kebalikan dari risk taker. Seorang investor yang memiliki karakter risk avoider umumnya merupakan orang yang berusaha menjauhi risiko namun tetap ingin mendapatkan imbal hasil dari investasi yang dilakukannya. Seorang risk avoider biasanya melakukan investasi dengan modal kecil dan menaruh dananya pada instrument investasi yang memiliki kepastian return seperti deposito atau obligasi pemerintah.

  1. Netral

Karakter terakhir yang umumnya dimiliki seorang investor adalah karakter netral. Karakter ini bisa dikatakan merupakan penggabungan dari karakter risk taker dan risk avoider. Seorang investor yang memiliki karakter netral biasanya tak ragu untuk mengambil risiko dalam mengambil keputusan investasi yang dibuatnya namun dengan pertimbangan yang matang pula. Seorang investor yang memiliki karakter netral biasanya melakukan diversifikasi investasi agar dapat meminimalisir risiko sekaligus menghasilkan return yang cukup tinggi.

Itulah 3 karakteristik dalam diri seorang investor. Termasuk karakter yang manakah Anda?

LEO, 22th. Big Fans of Legolas, Fiction, and War Between galaxies .

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY