Ternyata Ini 3 Hal yang Menyebabkan Perut Wanita Terasa Nyeri Padahal Tidak Haid

SHARE
Ternyata Ini 3 Hal yang Menyebabkan Perut Wanita Terasa Nyeri Padahal Tidak Haid

Bagi para wanita kerap kali mengeluhkan rasa nyeri atau sakit di bagian perut, tahukah Anda apa penyebab nyeri perut tersebut? Biasanya wanita akan merasakan nyeri perut manakala tengah mendapatkan siklus bulanannya. Meski beberapa wanita mengaku merasa nyaman-nyaman saja selama menstruasi namun sebagian besar merasakan kram meski ringan di area perut terutama di bagian bawah. Namun di luar siklus bulanan tersebut rupanya banyak pula wanita yang mengaku mengalami nyeri di bagian perut yang ternyata penyebabnya cukup beragam.

Penyebab Nyeri Pada Perut Wanita

Penyebab dari nyeri perut yang dialami oleh kaum Hawa ini memang beragam dan baiknya dikenal beserta ciri-cirinya karena beda penyebabnya beda pula cara mengatasinya. Berikut adalah penyebab umumnya:

1. Gangguan kesehatan pada usus,
Gangguan pada usus kerap memberi rasa nyeri yang kadang terjadi terus menerus kadang bisa hilang timbul tidak beraturan. Jenis gangguan pada usus ini beragam dimulai dari radang usus, IBS atau Iritasi Usus Besar, sampai sekedar konstipasi atau sembelit. Jadi baiknya memang memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan nyeri di perut tidak disebabkan gangguan pada organ reproduksi.

2. Mengalami cedera otot,
Penyebab wanita mengalami nyeri pada perut cukup beragam dan beberapa bisa disebabkan oleh hal sepele dan tidak berbahaya yakni cedera otot. Otot pada perut bisa mengalami cedera sewaktu melakukan olahraga ataupun ketika menjalankan rutinitas sehari-hari. Mengatasinya pun tidak ribet dan bisa tanpa obat dokter, yakni dengan istirahat yang cukup kemudian memperbanyak asupan air putih. Jika dilakukan rasa nyeri maupun kram di perut akan menghilang dengan sendirinya.

3. Sedang dalam masa ovulasi,
Wanita juga sering dihadapkan pada nyeri di perut karena sedang dalam masa ovulasi, yakni masa pelepasan sel telur yang siap dibuahi. Proses alami ini berjalan sekitar 14 hari menjelang menstruasi. Inilah alasan mengapa sebelum menstruasi perut terasa kram dan nyeri karena memang terjadi proses ovulasi. Meredakan rasa nyeri akibat kondisi ini bisa dengan mengkonsumsi pil KB, jika ingin lebih aman bisa mengkonsumsi obat anti inflamasi.

LEO, 22th. Big Fans of Legolas, Fiction, and War Between galaxies .

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY