Trik Mendapatkan Pekerjaan

SHARE
Trik Mendapatkan Pekerjaan

Setelah melalui tahapan pembelajaran mulai dari SD, SMP, SMA, hingga Sarjana pasti kalian ingin mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan jurusan dan pekerjaan yang kalian minati. Mendapatkan pekerjaan di zaman sekarang memang tidak mudah dan bahkan sulit.

Kalian harus menghadapi ribuan pesaing dengan gelar pendidikan yang lebih tinggi dari pada Anda. Namun Anda tidak perlu pesimis meskipun harus menghadapi pesaing-pesaing itu. Banyak perusahaan yang lebih memilih pengalaman atau semangat dari calon karyawannya sehingga gelar pendidikan tidak begitu mempunyai andil besar untuk menentukan Anda diterima atau tidaknya di suatu perusahaan.

Selain itu, ada juga perusahaan yang melakukan serangkaian tes untuk melihat potensi IQ dari para calon karyawannya. Banyak jenjang pendidikan dari mulai SMA hingga s1 disatukan dengan tes potensi IQ itu. Tak memungkiri juga ada lulusan SMA yang berhasil mengalahkan sarja jenjang s1 untuk merebut posisi kosong di perusahaan tersebut.

Namun sebelum melanjutkan ketahapan seperti interview dan tes potensi IQ, Anda harus mempersiapkan segala sesuatu kelengkapan yang dapat menarik HRD untuk menerima Ada sebagai karyawannya. Anda hanya harus mengikuti trik-trik jitu mendapatkan pekerjaan.

Tips Sebelum Melamar Pekerjaan

Trik Mendapatkan Pekerjaan

•    Surat Lamaran

Surat lamaran adalah surat yang akan dibaca pertama kali oleh HRD. Pada surat lamaran ini HRD akan melihat kemampuan Anda dari berbagai bidang mulai dari kerapihan, pengalaman, dan ketelitian Anda dalam membuat surat lamaran ini. Kalian harus memperhatikan detail surat lamaran seperti tanggal, alamat perusahaan, posisi yang diinginkan, serta keahlian kalian yang dipaparkan di dalam surat lamaran tersebut. Selain itu, surat lamaran harus ada rasa ungkapan terima kasih dan harapan yang sebesar-besarnya untuk perusahaan menerima Anda.

•    Daftar Riwayat Hidup (CV)

Daftar Riwayat Hidup atau bahasa inggrisnya Curriculum Vitae tak kalah pentingnya dengan surat lamaran. Ada juga HRD yang langsung melihat CV Anda dibandingkan dengan surat lamaran Anda. CV harus dibuat dengan rapih dan terstruktur mulai dari nama lengkap, tempat tangga lahir, alamat, nomor telepon atau email, dan jabarkan juga jenjang pendidikan Anda dan pengalaman Anda disertai dengan tahun lulus dan tahun anda bekerja.

•    Ijazah atau Sertifikat

Baca Juga: Drama Korea Yang Wajib Kamu Tonton

Ijazah adalah hal yang wajib ketika Anda melamar pekerjaan. Lebih baik lagi sertakan nilai-nilai akademik Anda dalam bentuk fotokopi. Jika Anda mempunyai sertifikat seperti mengikuti seminar atau sertifikat prestasi boleh Anda sertakan agar menjadi nilai lebih bahwa Anda aktif dan memiliki semangat yang tinggi.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY